profil

Dari Purwokerto Mendunia: Nathan Azaria

Asyik bermain game ternyata bisa mengantar anak muda menjadi senang, bahagia dan bahkan berprestasi mendunia. Dengan kegiatan yang menyenangkan itu, bisa membuka pintu-pintu kesuksesan yang terbentang di manca negara. Maka dari itu, para kaum muda rebahan yang suka asyik bermain game tidak perlu cemas akan masa depan. Karena begitulah prestasi mendunia yang fenomenal dari Keluarga Besar Asmari Kertajaya. Tidak hanya buat kutu buku yang rajin belajar saja.

Inilah kisah Nathan Azaria, alumni SMA Negeri 2 Purwokerto lulusan tahun 2013. Prestasinya terukir sejak duduk di bangku SMA, dengan menyabet juara pelbagai kejuaraan Olimpiade Sains. Sejak tingkat Kabupaten, Provinsi dan bertanding di Olimpiade Sains Nasional (OSN) di bidang Komputer.

Nathan Azaria: Dari Purwokerto Mendunia

Prestasi di OSN terukir karena ketertarikan Nathan bermain game komputer serta logika rubik, sehingga kemampuan problem solving menjadi lebih tajam dan terasah. Karena kompetisi OSN Komputer menitikberatkan pada problem solving dengan membuat pemrograman yang paling efisien. Biasanya dikasih soal yang harus diselesaikan dengan membuat program komputer. Program yang dibuat harus bisa secepat mungkin dan menggunakan memori sesedikit mungkin.

*

Prestasi Nathan semasa duduk di bangku SMA Negeri 2 Purwokerto juga semakin terasah, karena didukung oleh aktivitas ekstra kurikuler Coscoda (Community of Social and Science Olympiad of Smada) yang dibimbing oleh Bapak Heru Priatno Adi dan Bapak Seno Nugroho. Selain itu para senior yang sudah menjadi jawara OSN Komputer seperti mas Basith Zainurrohman, peraih medali perunggu OSN Komputer tingkat nasional, juga ikut membimbing Nathan.

Fasilitas laboratorium komputer di SMA Negeri 2 Purwokerto juga sangat mendukung prestasi Nathan sehingga berhasil berkompetisi di OSN Komputer tingkat Nasional. Dengan fasilitas dan lingkungan yang kondusif, maka Nathan mulai belajar pemrograman di SMA Negeri 2 Purwokerto dan meraih prestasi nasional yang membanggakan. Jadilah Nathan berhasil mempelajari pemrograman Pascal, C++ dan Python.

Dan di tingkat OSN tingkat nasional, Nathan mengikuti seluruh proses seleksi yang ketat. Awalnya dipilih 30 orang medalis dan veteran dari pelatnas OSN tahun sebelumnya untuk masuk di pelatnas tahap 1. Ternyata Nathan juga berhasil lolos, sampai tahap akhir di mana terpilih hanya 4 orang dari seluruh Indonesia untuk mengikuti laga Olimpiade Informatika Internasional ( IOI – International Olympiad of Informatics).

*

Maka prestasi Nathan pun semakin mendunia dengan meraih medali perak dua tahun kompetisi IOI berturut-turut yaitu tahun 2012 di Milan dan 2013 di Brisbane. Prestasi ini sangat membanggakan karena menunjukkan bahwa prestasi pelajar SMA Negeri 2 Purwokerto ternyata berhasil menjadi juara dunia kompetisi Komputer. Ibaratnya Muhammad Ali di tinju atau Khabib Nurmagomedov di kompetisi UFC.

Keberhasilan Nathan sebagai juara dunia olimpiade komputer membuka pintu-pintu kesuksesan berikutnya. Sewaktu mengikuti kompetisi IOI di Milan, Italia ketika masih kelas 2 SMA, Nathan sudah ditawari untuk melanjutkan kuliah di National University of Singapore (NUS). Jika teman-teman lainnya harus bertungkus lumus belajar, ikut bimbingan belajar serta mengikuti ujian dengan persaingan yang ketat, maka Nathan malah ditawari masuk NUS tanpa tes. Karena sewaktu mengikuti IOI, Nathan bertemu Steven Hakim, dosen NUS Yang menjadi pembimbing peserta olimpiade dari Singapura.

*

Dengan status sebagai juara olimpiade sains komputer tingkat dunia, maka dengan mudah Nathan mendapatkan referal dari sesama alumni IOI yaitu Mas Gogo (Lestiarso Wastuargo) untuk magang di Facebook London. Bahkan Nathan juga akhirnya sekarang bisa bekerja di kantor pusat Facebook di Silicon Valley, San Fransisco, Amerika Serikat.

Sungguh sangat membanggakan Dan membahagiakan melihat kiprah yang mendunia dari Nathan Azaria, alumni SMA Negeri 2 Purwokerto yang bisa menaklukkan dunia dan sekarang berkarier di perusahaan terbesar dan terhebat di dunia.

Categories:profil

Tagged as: , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s