profil

Perbankan Syariah Semakin Bergairah

Kiranya sekarang sudah menjadi trend bagi masyarakat Indonesia untuk secara konsisten memakai jasa perbankan dan layanan keuangan syariah. Melihat trend besar tersebut,  bank-bank raksasa di Indonesia pun berlomba-lomba memberikan pelayanan jasa syariah. Jasa perbankan syariah Islami ini tidak lagi menjadi jasa pelengkap, bahkan sekarang cenderung menjadi jasa perbankan utama untuk masyarakat.

Salah satu praktisi perbankan syariah di sebuah bank syariah terbesar di Indonesia adalah Akhsin Muammar. Sekarang ini Akhsin telah menjabat sebagai Manager pada pelbagai posisi di Bank Syariah Mandiri. Karier perbankan Akhsin, yang merupakan alumni SMA Negeri 2 Purwokerto lulusan tahun 2003 ini cukup cemerlang.

Akhsir Muammar: pakar perbankan syariah.

Selepas lulus dari SMA Negeri 2 Purwokerto, Akhsin tertarik untuk melanjutkan kuliah di Fakultas Dakwah, Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah di Jakarta. Awalnya karena rasa penasaran dengan faham Islam Liberal yang sering dikaitkan dengan kurikulum pendidikan UIN Syarif Hidayatullah. Namun, setelah ia menjalani pendidikan sampai lulus menjadi sarjana, aspek-aspek Islam Liberal justru tidak ia jumpai. Memang ada sebagian kecil mahasiswa yang berfaham Islam Liberal, tetapi tidak signifikan.

Alih-alih, Akhsin justru banyak menjumpai dosen yang bergiat dalam perbankan syariah. Alhasil, ia mulai memahami, menggali dan mencintai perbankan syariah.

“Sejak mahasiswa, lingkungan perkenalan dan pertemanan saya adalah para pegiat studi ekonomi Islam”, tandas Akhsin.

Akhsin juga meningkatkan lagi akan pemahaman mengenai perbankan syariah dengan melanjutkan studi untuk mendapatkan MBA (Master of Business Administration) sekaligus dari dua institusi yaitu Universitas Indonesia dan Universite Grenoble Alpes di Perancis. Sebagai informasi, Universite Grenoble Alpes merupakan universitas terkemuka di Perancis yang telah melahirkan beberapa pemimpin dunia, seperti Presiden Korea Selatan, Presiden Jerman dan sejumlah menteri keuangan di negara terkemuka.

***

Akhsin meyakini akan prospek yang besar dari perbankan syariah di Indonesia.

“Semua bank syariah selama masih beroperasi aktif diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan Dewan Syariah Nasional MUI. Jadi memilih bank syariah saat ini lebih krn aspek bisnisnya saja”, demikian jelas Akhsin.

Lebih lanjut Akhsin menegaskan bahwa untuk aspek kesyariahan, semua institusi perbankan comply kepada hukum positif dan hukum syariah yang didasarkan Fatwa Ulama Negara, bukan ulama perseorangan.

Dengan jamimam tersebut, maka masyarakat lebih mudah memilih jasa perbankan syariah yang nyaman di hati, yang layanannya bagus, yang teknologinya canggih, yang dekat rumah, atau pun yang dikenal baik.

Akhsin sangat optimis dengan  perkembangan dan potensi perbankan syariah sekarang ini. Karena di tingkat nasional sudah dibentuk Komite Nasional Keuangan Syariah, diketuai Presiden RI langsung. Dengan demikian percepatan perbankan syariah di Indonesia akan semakin bagus.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s