profil

Berjuang di Pedalaman Halmahera

Di masa sekarang, sebagian besar orang berpacu meniti karier atau usaha. Mengutamakan kehidupan dunia. Tapi itu tidak berlaku untuk Christo Tri Kuntoro, yang sekarang lebih suka dipanggil Hasan Tito. Tito adalah nama panggilan kesayangan keluarga dan teman-teman kecilnya. Dan Hasan adalah sebutan nama Islami-nya.

Hampir sepanjang hidupnya, Hasan mengabdikan dirinya untuk kegiatan sosial dan keagamaan untuk membantu golongan masyarakat yang membutuhkan. Bahkan belakangan ini, Hasan fokus untuk melakukan kegiatan pemberdayaan masyarakat di pedalaman Pulau Halmahera di Kepulauan Maluku.

Hasan Tito bersama anak pedalaman Halmahera

***

Hasan Tito adalah alumni SMA Negeri 1 Purwokerto lulusan tahun 1985. Hasan terkenal aktif berorganisasi sejak SMP, menjadi Ketua OSIS SMP Negeri 1 Purwokerto. Semasa SMA, Hasan juga sangat aktif berorganisasi di OSIS dan Pramuka. Pembawaannya yang kalem dan tenang, sehingga menyenangkan untuk bergaul dengan teman-temannya.

***

Di pedalaman Pulau Halmahera terdapat suku terasing. Namanya suku Togutil. Mereka masih tinggal terisolir di dalam hutan rimba di Halmahera Timur dan Halmahera Tengah. Hasan menggalang dukungan pelbagai institusi untuk membantu pemberdayaan masyarakat, termasuk menyediakan sarana pendidikan.

Berkat dukungan pelbagai pihak, Hasan beserta teamnya dapat merealisasikan pembangunan beberapa prasarana umum. Mengingat suku Togutil merupakan suku terasing yang masih nomaden, juga sudah dibangun beberapa rumah singgah untuk para pendidik dan sukarelawan.

“Untuk suku terasing Togutil, kami baru mulai kegiatan sekolah Rimba”, begitu jelas Hasan.

Dalam rangka membantu penyediaan sarana pendidikan, Hasan mulai berinisiatif membangun TPQ (Taman Pendidikan Quran) untuk memberi pelayanan pendidikan anak usia dini. Untuk sarana peribadahan, sejumlah dua masjid juga sudah dibangun.

Sedangkan untuk anak-anak suku Togutil yang berprestasi, Hasan juga membantu memfasilitasi untuk mendapatkan beasiswa melanjutkan sekolah di Pulau Jawa.

Hasan Tito bersama tokoh masyarakat dan Ustadz Abdullah Gymnastiar

Hasan juga tidak melupakan pengembangan ekonomi masyarakat. Dimulai dengan kerjasama pemberdayaan usaha kelapa dengan Coconut Center dan Darut Tauhid dari Bandung. Pelbagai kegiatan sosial dan pendidikan untuk memberdayakan suku Togutil di Pulau Halmahera juga mendapat dukungan dari berbagai institusi.

1 reply »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s