asmari purwokerto

Webinar Perdana Asmari Purwokerto

Dalam kondisi pandemik Covid19 sekarang ini, Paguyuban Asmari Purwokerto mengadakan webinar online pada tanggal 16 April 2020 dengan fasilitas Zoom online meeting. Webinar ini dilaksanakan dengan mengundang nara sumber Dirjen Perhubungan Darat Drs. Budi Setiadi SH, MSi dan Staf Ahli Menteri Perhubungan Dr. Cris Kuntadi. Acara webinar perdana ini dipandu oleh Akhsin Muammar.

Dalam acara webinar Asmari Kertajaya dengan tajuk #tidakmudik #tidakpiknik #tetapasyik ini, Cris Kuntadi yang juga selaku Ketua Umum Pengurus Paguyuban Asmari Purwokerto memaparkan secara detail kebijakan pemerintah mengenai transportasi. Beliau juga menghimbau warga masyarakat untuk tidak mudik dalam kondisi pandemik Covid19 ini.

Budi Setiadi memaparkan perkembangan terkini mengenai kebijakan pemerintah terutama untuk perhubungan darat dalam situasi wabah pandemik Corona Virus yang sudah mencapai taraf mengkhawatirkan. Beliau menegaskan bahwa protokol kesehatan untuk semua moda transportasi akan diperketat dan dipertegas. Terutama untuk protokol kewajiban mencuci tangan dan pemakaian masker.

“Begitu juga dengan awak kendaraan, dan juga berlaku untuk masyarakat yang mengendari kendaraan harus menerapkan physical distancing dan selalu menjaga kebersihan dengan rajin mencuci tangan sesering mungkin”, demikian papar Budi Setiadi.

Sedangkan untuk himbauan untuk tidak mudik, sekarang ini pihak Ditjen Perhubungan Darat sedang menggodok skenario untuk mengevaluasi dan melakukan simulasi untuk larangan mudik. Dalam waktu dekat akan disusun konsep dan tata waktunya.

Mengenai peraturan untuk sepeda motor, Budi Setiadi menegaskan bahwa tidak ada lagi pertentangan antara Peraturan Menteri Kesehatan dan Peraturan Menteri Perhubungan. Karena keduanya saling mendukung dan melengkapi.

“Secara prinsip, sepeda motor adalah untuk angkutan barang. Namun untuk masing-masing daerah mempunyai karakteristik transportasi yang berbeda, sehingga Kemenhub memberi kelonggaran untuk daerah-daerah tertentu agar sepeda motor dapat digunakan juga untuk mengangkut penumpang”, begitu penjelasan Budi Setiadi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s